Rabu, 10 Agustus 2016

Materi Sekolah Parenting_Anak Kita InsyaAlloh Kreatif 3.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيم
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْد


Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan.
Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.
Berikut materi lanjutan: Anak Kita InsyaAlloh Kreatif 3.
Sebelumnya kita sudah bahas beberapa hal tentang kreativitas. Kreatif itu kadang aneh dan mengejutkan, kreatif itu tidak berarti fasilitas harus lengkap, kreatif tidak harus atraktif, sering kali kreatif itu senang berfantasi, sering kali yang kreatif itu semula bodoh. Sebelumnya kita sudah bahas semua, pada pertemuan ketiga ini akan diawali dari seorang anak yang berdialog dengan ayahnya.
"Yah.. apa biji jagung ini bisa tumbuh kalau kutanam?" Begitu tanya gadis kecil yang berusia kurang dari 4 tahun kepada ayahnya.
Ketika itu sang ayah menjawab "ya ndaklah", anak pun lanjut bertanya "kenapa pah?"
Ayah beralasan " ya, karena sudah dibakar".
Anak itu terus meminta ijin ke ayahnya" yah.. boleh ndak aku.menanam biji jagung bakar ini?"
Sang ayah jengkel, sebel gimana begitu, hatinya bilang "ni anak aneh aneh aja jelas jelas jagung bakar kok ya mau tanam, kata orang apa nanti, jika aku bolehin dia nanem jagung bakar dikira gila nanti aku???"
Alhamdulillah sang ayah tadi menahan apa yang difikirkan sehingga tidak terungkap dalam kalimat verbal, sang ayah sekali lagi kuwat menahan.
Umi abi yang dirahmati Alloh
Anak dalam cerita tadi tergolong kreatif, walaupun terkesan lugu dan polos, rasa ingintahu anak tersebut sangatlah kuat dan besar jika orang tua anak tersebut memberikan waktu dan ruang untuk anak tersebut maka anak ini akan menjadi orang hebat, apalagi sang ayah juga membersamai anaknya menanam biji jagung bakar tadi. Kemudian menunggu dalam waktu seminggu melihat perkembangan keadaaan biji jagung tadi, kemudian disambung dengan menanam biji jagung yang belum di bakar, sang ayah juga ikut dalam eksperimen tersebut, kemudian menganalisa bersama anaknya, akhirnya tahu hasilnya, ternyata biji jagung yang sudah dibakar tidak akan tumbuh walau disiram dan dirawat saat ditanam beda dengan jagung yang belum dibakar.
INILAH KREATIVITAS.

Nah itulah kreativitas, yaitu kemampuan atau keahlian untuk menghasilkan, atau menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang baru itu bisa berupa ide atau gagasan.
Umi abi, perlu kita garis bawahi TERPENUHINYA RASA INGIN TAHU ANAK MENJADI LANDASAN PENTING BAGI TUMBUHNYA SEMANGAT BELAJAR DAN TUMBUHNYA KECINTAAN KEPADA ANAK.
Jika kita inginanak anak kita kreatif, jangan sekali kali kita memupus rasa ingin tahu anak. Biarkan anak memuaskan rasa ingin tahunya. Kalau kita memandang anak belum perlu tahu, berikan jawaban yang tepat, sesuai perkembangan tanpa  harus memupus rasa ingin tahunya.
Demikian insyaAlloh materi.yang bisa.saya sampaikan jika ada khilaf mohon maaf
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar