Kamis, 28 Juli 2016

Materi Sekolah Parenting_Anak Kita Insyaallah Kreatif_II

Assalamu'alaikum sahabat fillah
Sudah siap mengikuti kajian siang ini ? ๐Ÿ˜
Dibawah ini adalah biodata dari Ustadz Lilik.

Let's check it out.. ๐Ÿ˜Ž
Biodata

▶ Nama    : Lilik Prihyanto, S.Pd
▶ Alamat  : Solo
▶ Ttl          : 1-12-1977
▶ Status   : Menikah
▶ Pendidikan : S1
▶ Pekerjaan   : Swasta
▶ Kesibukan offline:
๐ŸŒท Ketua JSIT Daerah karanganyar, LEIC (Lembaga Edukasi Inspirasi Cinta), ๐ŸŒทRelawan inspirasi RZ,
๐ŸŒทNara sumber Radio HIZ FM
▶ Motivasi bergabung dgn Grup Parenting FKDI : Dakwah

Semoga bisa menambah ilmu dan keimanan kita.

Jazaakumullahu khoiran katsiran

๐Ÿ’ž Tim Grup Parenting FKDI ๐Ÿ’ž

๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐ŸŒธ๐Ÿƒ๐Ÿƒ๐Ÿƒ
๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“

 *ANAK KITA INSYA ALLAH*KREATIF II*

๐Ÿ’• Kreatif itu tidak harus atraktif
๐Ÿ’• Seringkali atraktif itu senang berfantasi
๐Ÿ’• Yang kreatif itu semua bodoh

๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“๐Ÿ’“
๏ปŸ๏บด๏ปผ๏ปก ๏ป‹๏ป ๏ปด๏ปœ๏ปข ๏ปญ๏บญ๏บฃ๏ปค๏บ” ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ปญ๏บ‘๏บฎ๏ป›๏บŽ๏บ—๏ปช

ุงุนูˆุฐุจุงู„ู„ู‡ ู…ู† ุงู„ุดูŠุทุงู† ุงู„ุฑุฌูŠู…
ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ุฅِู†َّ ุงู„ْุญَู…ْุฏَ ู„ِู„َّู‡ِ ู†َุญْู…َุฏُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุนِูŠْู†ُู‡ُ ูˆَู†َุณْุชَุบْูِุฑُู‡ْ ูˆَู†َุณْุชَู‡ْุฏِูŠْู‡
ِ ูˆَู†َุนُูˆุฐُ ุจِุงู„ู„ู‡ِ ู…ِู†ْ ุดُุฑُูˆْุฑِ ุฃَู†ْูُุณِู†َุง ูˆَู…ِู†ْ ุณَูŠِّุฆَุงุชِ ุฃَุนْู…َุงู„ِู†َุง، ู…َู†ْ ูŠَู‡ْุฏِู‡ِ ุงู„ู„ู‡ُ ูَู„ุงَ ู…ُุถِู„َّ ู„َู‡ُ ูˆَู…َู†ْ ูŠُุถْู„ِู„ْ ูَู„ุงَู‡َุงุฏِูŠَ ู„َู‡ُ. ุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†ْ ู„ุงَ ุฅِู„َู‡َ ุฅِู„ุงَّ ุงู„ู„ู‡ ูˆَุฃَุดْู‡َุฏُ ุฃَู†َّ ู…ُุญَู…َّุฏًุง ุนَุจْุฏُู‡ُ ูˆَุฑَุณُูˆْู„ُู‡ُ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ูˆَุณَู„ِّู…ْ ูˆَุจَุงุฑِูƒْ ุนَู„َู‰ ู…ُุญَู…َّุฏٍ ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ูˆَุตَุญْุจِู‡ِ ูˆَู…َู†ِ ุงู‡ْุชَุฏَู‰ ุจِู‡ُุฏَุงู‡ُ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ْู‚ِูŠَุงู…َุฉِ.

Puji syukur kehadirat Allah ๏ป‹๏บฐّ๏ปญ๏บŸ๏ปžّ  atas segala nikmat dan karuniaNya sehingga kita bisa berjumpa  di kajian  siang ini, dlm kafaah keilmuan kita untuk menjadi seorang yg lebih baik lagi dlm bertaqarrub kpd Allah, menguatkan Azzam dlm jamaah, memaksimalkn potensi dakwah, menyemaikan syariah dalam bermuamalah hingga dunia bersemai indah.

๐Ÿ’•☘๐Ÿ’•☘

Shalawat dan salam kita haturkan pada baginda Rasulullah ๏บป๏ป ๏ปฐ ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏ป‹๏ป ๏ปด๏ปช ๏ปญ๏บณ๏ป ๏ปข , yg berahklak mulia, uswatun hasanah. Semoga trus memotivasi kita untuk terus menjadi lebih baik.

Semoga pada siang yg penuh barokah ini, insya Allah mampu mengantar kita untuk selalu dekat dengan-Nya  menuju Jannah yang Abadi..Aamiin ya robbal alaamiin...

☘๐Ÿ’•☘
Mari kita mulai majelis ilmu ini
Dengan bersama mngucap basmalah
๏บ‘๏บด๏ปข ๏บ๏ปŸ๏ป ๏ปช ๏บ๏ปŸ๏บฎ๏บฃ๏ปค๏ปฆ ๏บ๏ปŸ๏บฎ๏บฃ๏ปด๏ปข

Semoga penuh berkah
Dan bernilai ibadah.
Aamiin..๐Ÿ’•


Assalamualaikum warahmatullohi wabarakaatuhu.
ุงَู„ْุญَู…ْุฏُ ِู„ู„ู‡ِ ุงู„ْู…َู„ِูƒِ ุงู„ْุญَู‚ِّ ุงู„ْู…ُุจِูŠْู†ِ، ุงู„َّุฐِูŠ ุญَุจَุงู†َุง ุจِุงู„ْุฅِูŠْู…َุงู†ِ ูˆุงู„ูŠู‚ูŠู†ِ. ุงَู„ู„َّู‡ُู…َّ ุตَู„ِّ ุนَู„َู‰ ุณَูŠِّุฏِู†َุง ู…ُุญَู…َّุฏ،ٍ ุฎَุงุชَู…ِ ุงู„ุฃَู†ْุจِูŠَุงุกِ ูˆَุงู„ู…ُุฑْุณَู„ِูŠู†، ูˆَุนَู„َู‰ ุขู„ِู‡ِ ุงู„ุทَّูŠِّุจِูŠِู†، ูˆَุฃَุตْุญَุงุจِู‡ِ ุงู„ุฃَุฎْูŠَุงุฑِ ุฃَุฌْู…َุนِูŠู†، ูˆَู…َู†ْ ุชَุจِุนَู‡ُู…ْ ุจِุฅِุญْุณَุงู†ٍ ุฅِู„َู‰ ูŠَูˆْู…ِ ุงู„ุฏِّูŠْู†ِ. ุฃَู…َّุง ุจَุนْุฏ

Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Muhammad, penutup para nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

KREATIF ITU TIDAK HARUS ATRAKTIF:
Dikisahkan tentang Judy, anak berusia 4 tahun dia siswa taman kanak kanak Eliot-Pearson si kampus tufts university. Di tk nya mengembangkan proyek spektum suatu kurikulum yang secara sengaja berupaya mengembangkan bebagai kecerdasan penggagasnya adalah Howard Gardner, yg menolak pandangan kecerdasan monolitik dan menggatinya dengan kecerdasan ganda.
Judy, pada awalnya diasumsikan sebagai anak bodoh karena dia tidak seatraktif temannya, hampir hampir dia tidak melakukan aktifitas apapun, ia sangat pendiam ia hanya sesekali tampak mengamati teman teman nya. Ternyata setelah diteliti dengan serangkaian test murid yg pendiam dan tidak atraktif tersebut memiliki kecermatan yang sangat luar biasa. Ia mampu memahami peta pergaulan dikelasnya, Ia mampu memperkirakan siapa yang akrab dan siapa yg permusuhan siapa yg langgeng persahabatannya dan siapa yg akan putus. Dengan kecermatan seperti ini memungkinkan dimasa datang Ia akan berhasil bekerja pada bidang bidang yg menitik beratkan "percakapan bergaul " mulai dari penjualan, manajemen, hingga diplomasi. Kisah dan penelitian diatas membuktikan bahwa kreatif itu tidak harus atraktif, namun kebanyakan kita jika anakanya pendiam, malu diajak bicara dengan orang lain sudah memberikan stempel yang tidak baik, seharusnya kita cermat dan teliti menggali potensibyang ada di anak kita.
Jadi pelajaran yang kita ambil kreatif itu ndak harus aktif, kadang pendiampun kreatif.

KREATIF ITU SENANG BERFANTASI:
Coba kita lihat sedikit kisah dari tokoh nasional kita yang pernah menjadi presiden di era awal reformasi dia adalah presiden BJ. Habibi. Beliau sejak kecil suka menggambar dan senang berceloteh tentang pesawat. Tidak sekedar menggambar tetapi Ia juga menceritakan kepada orang tuanya.
Setelah dewasa beliau dikenal sebagai perancang bangun pesawat. Salah satu rancangannya yang terkenal dan di akui dunia internasional adalah VTOL (Vertical Take off and Landing), pesawat angkut DO-31. Siapa sangka dari imajinasi bisa menjadi perancang pesawat sungguhan. Oleh karena itu, jika anak kita berimajinasi jangan disepelekan, tanggapilah imajinasinya dwngan respon positif. Pertama, dengarkan dan perhatikan sungguh sungguh imajinasi anak.
Kedua, berikan pertanyaan pertanyaan membangun terkait dengan imajinasi tersebut.
Ketiga, tawarkan alternatif kegiatan yang berhubungan dengan fantasi dan imajinasi anak misal, kegiatan bercerita, menggambar, menulis.
Bahkan kalau perlu membuat bersama sama alat peraga .
Sebagaimana sabda Rosul "Idza tamanna ahadukum falyuktsir fainnamaa yasalu robbah". [Apabila salah seorang diantara kamu berangan angan( berimajinasi) maka hendaklah memperbanyaknya, karena sesungguhnya ia sedang memohon kepada TuhanyA]." HR. Thabroni dari Aisyah.

KADANG KREATIF SEMULA DIANGGAP BODOH:
Jika kita sempat membaca kisah Edison, Einstein, Newton kita bbisa terkejut terkait "kebodohan-kebodohan" mereka. Kita ambil contoh Edison yang telah menjadi ilmuwan dengan ribuan penemuaannya hanya sempat bersekolah di SD selama 3 bulan karena di keluarkan dari sekolah, dia dianggap anak yang terlalu bodoh bahkan di katakan ediot. Namun dengan kasih sayangnya ibu Edison membimbing Edison belajar menulis, menghitung, membaca. Dengan 3 kemampuan dasar tersebut kemudian dia belajar secara Otodidak karenadia memiliki kegemaran membaca kemudian kesenangan berfikir dan kerelaan selalu bereksperimen akhirnya dia menemukan penemuan yang bermanfaat bagi kita. Sir Isaac Newton, ilmuwan besar, juga seorang yang bodoh diwaktu kanak kanak nya. Pada usia 12 tahun sering diejek temen temen nya karena bodoh, pendiam, pemalu dan pelamun. Siapa sangka ia menemukan gaya gravitasi. Albert Einstein, penemu hukum relativitas juga bodoh. Guru guru sdnya menganggap dia pemalu, bodoh, males belajar dan suka menantang tata tertib.

Dari 5 gambaran kreatifitas yang sudah saya paparkan dipertemuan pertama 2, dan hari ini 3. Semoga, kembali membuka cakrawala kreatifitas dengan pengertian yang cukup luas, insyaAlloh.
Pekan depan saya lanjut kembali, sementara cukup sampai disini dulu. Mohon maaf jika banyak khilaf dan kurang Wassalamualaikum.wr wb.

NB. Sumber Kajian tercantum di awal materi.