Gustav Eiffel |
Menara Eiffel (bahasa Perancis: Tour Eiffel, /tuʀ ɛfɛl/) merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara ini telah menjadi ikon global Perancis dan salah satu struktur terkenal di dunia.
Pengenalan
Dinamai sesuai nama perancangnya, Gustave Eiffel , Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia Lebih dari 200.000.000 orang telah mengunjungi menara ini sejak pembangunannya tahun 1889, termasuk 6.719.200 orang tahun 2006. menjadikannya monumen berbayar yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Termasuk antena setinggi 24 m (79 kaki), struktur ini memiliki tinggi
325 m (1.063 kaki) sejak 2000, yang sama dengan bangunan konvensional
bertingkat 81.
Ketika menara selesai dibangun tahun 1889, struktur ini menjadi yang
tertinggi di dunia — gelar yang dipertahankan hingga 1930 ketika Chrysler Building di New York City (319 m — 1.047 kaki) selesai.Menara ini sekarang yang tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris, dengan struktur tertinggi kedua Tour Montparnasse (210 m — 689 kaki), meskipun akan dikalahkan oleh Tour AXA (225.11 m — 738.36 kaki).
Dibawah Eiffel |
Struktur besi Menara Eiffel berbobot 7.300 ton sementara keseluruhan
struktur termasuk komponen non-besi berbobot 10.000 ton. Tergantung
temperatur, puncak menara dapat menjauhi matahari 18 cm (7 inci) karena
pemuaian besi pada bagian yang menghadap matahari. Menara ini juga
berayun 6-7 cm (2-3 inci) dalam suasana berangin
Sebagai demonstrasi terhadap ekonomisnya bangunan, bila 7300 ton
struktur besi dicairkan, maka akan memenuhi 125 meter persegi dengan
kedalaman 6 cm (2.36 inci), yang berarti kepadatan besi 7.8 ton per
meter kubik. Menara ini memiliki massa yang kurang dari massa udara di
dalam silinder dengan dimensi yang sama setinggi 324 meter dan 88.3 jari-jarinya. Berat menara 10.100 ton bila dibandingkan dengan 10.265 ton udara.
Tingkat pertama dan kedua dapat diakses dengan tangga dan lift.
Sebuah loket tiket di menara selatan menjual tiket ke anak tangga yang
dimulai di tempat itu. Di platform pertama tangga menaik dari menara
timur dan pertemuan tingkat ketika hanya dapat diakses dengan lift. Dari
platform pertama atau kedua tangga dibuka bagi semua orang yang naik
dan turun tergantung apabila mereka telah membeli tiket lift atau tiket
tangga. Jumlah anak tangga 9 ke loket tiket di dasar, 328 ke tingkat
pertama, 340 ke tingkat kedua dan 18 ke platform lift di tingkat kedua.
Ketika keluar lift di tingkat ketiga terdapat 15 anak tangga naik menuju
platform pengamatan atas. Jumlah anak tangga dituliskan secara bertahap
di sisi tangga untuk memberikan tanda tangga naik. Kebanyakan tangga
naik memberikan pemandangan langsung ke bawah atau sekitar menara
meskipun beebrapa anak tangga pendek tertutup.
Perawatan menara terdiri dari pengadaan 50 hingga 60 ton cat setiap
tujuh tahun untuk menjaganya dari karatan. Untuk menjaga penampilannya
terhadap pengunjung di bawah, tiga warna berbeda digunakan pada menara
ini, dengan warna gelap di bawah dan warna terang di atas. Warna cat
diubah; menara ini dicat coklat-kelabu Di tingkat pertama terdapat konsol interaktif yang memberitahukan warna
pada pengecatan selanjutnya. Arsitek Menara Eiffel adalah Emile
Nouguier, Maurice Koechlin dan Stephen Sauvestre.
Sejarah
Templat:Unreferncedsectio
Menara Eiffel dalam pembangunan bulan Juli 1888. |
Struktur ini dibangun antara 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis.
Eiffel sebenarnya berencana membangun menara di Barcelona, untuk
Pameran Universal 1888, tapi para pihak yang bertanggung jawab di balai
kota Barcelona
menganggapnya aneh dan mahal, dan tidak cocok dengan kota itu. Setelah
penolakan Rencana Barcelona, Eiffel mengirim drafnya kepada pihak yang
bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris, dimana ia membangun
menaranya setahun kemudian, yaitu 1889. Menara ini diresmikan tanggal 31 Maret 1889, dan dibuka tanggal 6 Mei. Tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural), menggunakan dua setengah juta paku, dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechlin. Resiko kecelakaan sangat besar, untuk pencakar langit
modern yang tak biasa menara ini terbuka tanpa tingkat tengah kecuali
dua platform. Tetapi, karena Eiffel mengambil sikap hati-hati, termasuk
penggunaan takal bergerak, rel bantu dan layar, hanya satu orang yang
meninggal.
Menara ini mendapat berbagai kritik dari masyarakat ketika dibangun,
menyebutnya mengganggu mata. Surat kabar harian dipenuhi dengan surat
kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam
penerbitan Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur
1892. "Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh
kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat
bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari
lempengan besi berpaku.” Penandatangan surat ini meliputi Messonier, Gounod, Garnier, Gerome, Bougeureau, dan Dumas.
Pengarang novel [{Guy de Maupassant]] — yang membenci menara itu —
makan siang di restoran Menara setiap hari. Ketika ditanyai mengapa, ia
menjawab bahwa itu adalah satu-satunya tempat di Paris dimana kita tidak
bisa melihat Menara. Hari ini, masih saja dianggap sebagai bagian seni
bangunan mencolok.
Salah satu cliché film Hollywood
menampilkan pemandangan dari jendela Paris yang selalu menampakkan
menara. Kenyataannya, sejak pembatasan tinggi bangunan di Paris menjadi 7
tingkat, hanya beberapa bangunan tinggi yang memiliki pemandangan jelas
terhadap menara.
Eiffel memiliki izin berdiri menara selama 20 tahun, yang berarti
harus dibongkar tahun 1909, ketika kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris.
Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli
untuk merancang menara yang mudah diruntuhkan) tapi setelah menara ini
terbukti mendatangkan untung dari segi komunikasi, menara ini dibiarkan
berdiri setelah izin tersebut kadaluwarsa. Militer menggunakannya untuk
mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama, dan menjadi monumen kemenangan pertempuran itu.
Bentuk menara
Ketika menara dibangun banyak orang dikejutkan dengan bentuknya yang
menantang. Eiffel dikritik untuk desain ini dan dipaksa mencoba
merancang sesuatu yang berseni, atau tak berseni dari sisi pandang,
tanpa keinginan membangun. Eiffel dan insinyurnya, dikenal sebagai
pembangun jembatan, mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa
mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia mereka harus
mencocokannya dengan tiupan angin. Dalam wawancara yang dilaporkan surat
kabar Le Temps, Eiffel mengatakan:
“ | Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (...) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan. | ” |
—diterjemahkan dari surat kabar Perancis Le Temps tanggal 14 Februari 1887
|
Bentuk menara sebelumnya telah dinyatakan dengan perhitungan
matematika yang tahan angin. Beberapa teori perhitungan ini telah
direncanakan bertahun-tahun, yang terbaru adalah persamaan berbeda integral nonlinear
didasarkan pada pengimbangan tekanan angin dari sisi apapun pada menara
dengan ketegangan antara elemen konstruksi pada waktu itu. Bentuknya
eksponensial. Plot berbahaya pada lengkungan menara, menampilkan dua
eksponen yang berbeda, bagian bawah memiliki pertahanan kuat melawan
angin.
Masa Pembentukan Eiffel |
Tahap |
Tahap |
Tahap |
Tahap |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar